Pages

Orang yg silih berganti

Gw punya kebiasaan buat selalu merhatiin orang-orang yang datang dan pergi, silih berganti. Kerja sebagai teknisi di salah satu PT di Depok, ya udah sewajarnya kalau gw ketemu banyak orang di berbagai tempat dengan karakter yang beragam. Setiap orang punya cerita hidupnya masing-masing, dan itu yang bikin pengalaman gw jadi seru.

Kalau ditanya kebanyakan orang yang gw temuin itu dari kalangan mana, dengan tegas gw jawab: Analis kesehatan. Yang cakep banyak, yang ngondek juga ada, yang judes ada, yang suka ngelawak juga nggak sedikit.

Tapi, meskipun beda-beda karakter, mereka semua baik dan nerima gw dengan baik juga. Entah kenapa, gw ngerasa nyaman aja. Mungkin seni-nya di situ, karena penyesuaian diri selalu jadi hal penting buat gw dalam menghadapi orang-orang ini.

Walaupun gw lebih banyak diem di lab, bukan berarti gw lagi nahan boker, hahaha. Ngga kok, itu mah gw emang jaga image dari dulu. Bukan sombong, tapi lebih ke cara gw buat protect diri sendiri biar keliatan normal aja di mata orang lain. Padahal, aslinya sering becanda, coba aja pancing, pasti keluar tuh sisi humor gw, hahaha.

Ketemu banyak orang itu seru karena lo jadi punya relasi yang banyak banget. Ada yang sombong, belagu, kocak, diem, malu-malu, tegas, plin-plan, royal, pelit, macem-macem deh.

Ada yang cuma hadir buat berbagi cerita, ada juga yang hadir buat ngingetin gw akan sesuatu, atau mungkin karena urusan bisnis. Tapi, nggak jarang juga ada yang dateng buat ngasih sinyal harapan palsu. Tau-tau udah punya pasangan, tau-tau udah nikah, kan sakit ya, hahaha.

Analis kesehatan pun silih berganti. Tiba-tiba si A yang gw akrab banget sama dia di lab, udah nggak kerja di situ lagi. Eh, datanglah si B dengan karakter yang beda lagi. Begitu terus, nggak ada yang benar-benar bisa stay.

Di tempat kerja gw pun sama. Ada yang baru tiga bulan kerja udah resign, ada yang dua tahun baru cabut. Alasannya macem-macem, tapi pada akhirnya, gw jadi mikir bahwa berharap pada manusia itu salah. Yang tadinya deket bisa tiba-tiba jadi kayak orang asing, yang tadinya sering becanda tiba-tiba jadi sensitif banget. Biasanya sih, ini kejadian sama orang yang baru nikah, entah kenapa sifatnya berubah aja gitu.

Tapi, gw paham sih, nggak ada yang bisa benar-benar stay sama kita, baik karena mereka ninggalin kita atau karena mereka pergi untuk selamanya. Duh, bahasa gw jadi dalem gini, hahaha.

Makin ke sini, gw makin sadar kalau nggak ada orang yang benar-benar peduli sama kita kecuali diri kita sendiri. Jadi, kalau ditanya gimana cara gw mandang orang-orang yang ada di sekitar gw sekarang, gw cuma pandang mereka sebagai sesosok manusia yang masih diberi roh kehidupan. Gw menghargai dan menghormati mereka sesuai dengan porsi peran mereka di hidup gw, nggak lebih.

Selama mereka baik, ya gw hargai. Karena begitulah cara memanusiakan manusia. Mungkin kedengerannya skeptis, tapi buat gw, cara ini yang bikin gw nggak terlalu berharap sama manusia lagi.

So, yeah, stay tuned terus buat cerita-cerita gw berikutnya!



ABDISR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar